PHDI Banten

KERJASAMA YDAJ DENGAN OASIS LESTARI DALAM PENGGUNAAN KREMATORIUM MILIK OASIS LESTARI UNTUK PROSESI KREMASI UMAT HINDU

Tangerang, 16 Agustus 2021

Astungkara, Surat Kesepakatan Bersama antara PT. Danita Oasis Lestari dengan Yayasan Dharma Ananta Jaya (YDAJ) yang notabene milik Parisada Hindu Dharma Indonesia Provinsi Banten, tentang Penggunaan Krematorium Oasis Lestari Untuk Prosesi Kremasi Umat Hindu telah dibuat dan ditandatangani kedua belah pihak pada hari Jumat 13 Agustus 2021 di OASIS Jl. Gatot Subroto Km 7-8 Kel. Jatake, Kec. Jatiuwung-Kota Tangerang 15136.

Penandatangan Surat Kesepakan Bersama ini dilaksanakan oleh Ketua YDAJ Ir. I Ketut Sunarwa M.Bus bersama Ketua Pembina YDAJ Ida Bagus Alit Wiratmaja S.H, M.H dan Direktur Utama OASIS Ania Desliana. Proses penandatangan ini disaksikan oleh Ketua Paruman Walaka Anak Agung Anom Suartha dan Walaka I Nyoman Pujawan serta dari PT. OASIS Lestari hadir pula Manager Crematorium Antonius Sumarjana.

MOU ( Memorandum Of Understanding ) ini terdiri atas 5 Pasal yang memuat Maksud dan Tujuan, Jangka Waktu, Kewajiban dan Hak, Ketentuan Tambahan serta Penutup. Secara garis besar tentang penyelenggaraan dan pelayanan prosesi kremasi bagi umat Hindu. Tidak saja Krematorium yang bisa digunakan untuk kepentingan Umat Hindu, tapi juga semua sarana yang ada, mulai dari Krematorium, Columbarium / Rumah Abu, Ruang Doa / Rumah Duka, Ruang Pemulasaran Jenasah, Penginapan Keluarga, bahkan lahan untuk pendirian Prajapati, serta sarana lainnya yang diperlukan yang terkait dengan kedukaan.

Yayasan Dharma Anantha Jaya berdasarkan Akte Pendirian Yayasan Dharma Anantha Jaya No. 18, tanggal 25 Januari 2019 oleh Notaris I Nyoman Darmawan SH.MH.MKn., dan SK Menkumham RI nomor Nomor AHU-0001866.AH.01.04, tahun 2019 serta tercatat di Kemenag RI Dirjen Bimbingan Masyarakat Hindu No.1143/DJ.VI/BA 00/04/2019.

Dengan ditandatanganinya MOU ini Ketua Umum YDAJ, Ir. I Ketut Sunarwa, M.Bus menyatakan banyak kemudahan yang bisa didapat terkait dengan hal-hal kedukaan, semoga dengan ini YDAJ bisa berkontribusi membantu mengurangi beban umat Hindu serta berkontribusi untuk kemajuan Hindu pada umumnya. Dari segi lokasi OASIS terletak di wilayah Tangerang sehingga lebih dekat dengan umat Hindu di Provinsi Banten, mudah diakses hanya 10 menit keluar tol Cibitung serta fasilitas ruang doa ber-AC, terdapat tempat penyimpanan abu serta tersedia rumah duka dan kamar menginap bagi keluarga yang kedukaan.

Dalam waktu dekat akan dibangun Pelinggih Prajapati sesuai dengan isi Surat Kesepakatan Bersama diatas, dimana untuk lokasi sudah ditinjau oleh Manggala Ida Pedanda Nabe Gde Putra Sidemen dan PHDI serta pihak OASIS.

Diharapkan dengan adanya kerjasama dengan OASIS ini akan menambah lokasi untuk kremasi umat Hindu yang selama ini sudah ada di Cilincing yang dikelola oleh Yayasan Garaha Yadnya dan di Graha Medika Cibinong oleh Yayasan Pitrayadnya Indonesia. Ketiga yayasan bersinergi untuk dapat memberikan pelayanan dan kemudahan kepada umat Hindu se Jabotabek.

One comment

  • Nyoman Pujawan.

    Semoga YDAJ bisa berkontribusi dalam memberikan pelayanan yg terbaik kpd Umat Hindu tidak saja yg berdomisili diProv Banten, tapi juga diSeJaBoDeTaBek..👏💐

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *