PHDI Banten

Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Prajaniti Provinsi Banten Masa Bakti 2023-2028

Prajaniti Hindu Indonesia kembali bangkit dan bergairah dengan membangun jejaring jejaring organisasi dan politiknya di tingkat daerah dengan melantik kepengurusan DPD Prajaniti Hindu Indonesia Provinsi Banten Masa Bakti 2023-2028. KS Arsana sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Prajaniti Hindu Indonesia melantik I Nyoman Suasta sebagai Ketua DPD Prajniti Provinsi Banten dengan Gede Suyasa sebagai Sekretaris dan Pande Komang Krisna Suteja Putra sebagai Bendahara pada tanggal 5 November 2023 di Sekretariat PHDI Provinsi Banten Grha Hindu Dharma Banten. Dalam acara tersebut, dilantik pula I Gede Raka Subawa sebagai Wakil Ketua Bidang Organisasi, Keanggotaan, Kaderisasi, Politik Kesatuan Bangsa dan Hubungan Kelembagaan, Harjanto sebagai Wakil Ketua BIdang Agama, Lintas Iman, Sosial Budaya dan Kearifan Lokal, Gusti Made Subanie sebagai Wakil Ketua Bidang Pengembangan Usaha Organisasi, Kewirausahaan, Koperasi dan Pemberdayaan Ekonomi, I Gede Putu Aditya Waskita sebagai Wakil Ketua Bidang Pendidikan, Pengembangan SDM, Teknologi dan Lingkungan Hidup, Anak Agung Eka Widya Saraswati sebagai Wakil Ketua Bidang Kesehatan dan Sosial Kemanusiaan dan Wayan Sugiarta sebagai Wakil Ketua Bidang Komunikasi Publik, Hukum dan HAM. Sebagai Penasehat, ditunjuk Nyoman Roco, Ketut Suarja dan Dewa Ketut Mujana.      

Dalam acara pelantikan ini, Ketua Prajaniti Hindu Indonesia mengenang napak tilas Prajaniti Hindu Indonesia yang sudah lama mati suri. Organisasi Hindu yang didirikan tahun 19 Juli 1968 belum mampu berbicara banyak untuk mewujudkan visinya dalam membangun ekonomi, pendidikan san sosial kemanusiaan umat Hindu. Belum adanya kesatuan pandangan dan pendapat di kalangan internal menjadi salah satu hambatan dalam gerakan Prajaniti saat ini. Penyusunan Grand Design Hindu Dharma Indonesia pada tahun 2013 merupakan suatu titik balik dari Prajaniti untuk mulai bangkit hingga dilakukannya gerakan revitalisasi Prajaniti melalui Gelar Mahasabha Prajaniti III dan Ikatan Cendikiawan Hindu Indonesia II pada tahun 2018. KS Arsana yang terpilih sebagai Ketua memprioritaskan konsolidasi sesame pengurus agar tim kerja benar-benar kuat dan harus mempunyai visi misi yang sama yaitu selaku pelayan umat. Hingga saat ini telah dilantik kepengurusan Prajaniti di 18 Provinsi. KS Arsana menekankan kepada para Ketua dan pengurus DPD Prajaniti Provinsi Banten untuk selalu berjalan di jalan Dharma karena barang siapa menegakan Dharma (kerohanian, Kebajikan dan kebenaran), Dharma itu akan melindungi dan meyelamatkanya.

Nyoman Suasta sebagai Ketua terpilih, menyatakan siap untuk mengemban tugas 5 tahun ke depan untuk membangun ekonomi pendidikan dan sosial umat Hindu di Provinsi Banten. Nyoman Suasta sangat mengharapkan dukungan dari semua pengurus dan Parisadha Hindu Dharma Provinsi Banten dalam mewujudkan program kerja DPD Prajaniti Provinsi Banten untuk membangun umat Hindu di Provinsi Banten.

Selamat bertugas Ketua dan para pengurus DPD Prajaniti Provinsi Banten Periode 2023-2028. Dharma Raksati Raksitah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *