PHDI Banten

Bagaimana Cara Membuat Acara Mimbar Agama di Televisi

Kini, dunia pertelevisian semakin banyak channel-channelnya, ada yang siarannya bersifat nasional menjangkau ke seluruh pelosok negeri ini ataupun yang bersifat lokal daerah. Dengan banyaknya stasiun pertelevisian, kesempatan untuk mengisi acara pun sangat terbuka bagi setiap orang. Setiap masyarakat atau perkumpulan memiliki peluang yang cukup besar dalam mengisi suatu sigmen, lebih-lebih yang memiliki nilai hiburan, edukasi atau pendidikan, kerohanian, kepemudaan dan lain sebagainya.

Badan Penyiaran Hindu (BPH) dengan moto Pewarta Dharma Penyejuk Jiwa merupakan badan di bawah Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) yang dibentuk guna memberikan informasi kerohanian, keumatan, dalam bentuk media audio dan visual. Dengan ini BPH senantiasa harus menjalin kerja sama dengan pihak-pihak pertelevisian, karena untuk membuat sendiri BPH belum mempunyai sarana-prasarana ataupun stasiun siar guna penyebarluasannya.

Terjalinnya kerjasama dan komunikasi yang baik antara kami Badan Penyiaran Hindu (BPH) Provinsi Banten dengan Stasiun Televisi Profesional kebanggaan kita TVRI Pusat Jakarta yang memiliki motto Media Pemersatu Bangsa, pada hari ini (23/4/2019) untuk yang ke dua kalinya diberikan kesempatan mempersiapkan acara Mimbar Agama Hindu.

Mimbar Agama Hindu TVRI Pusat Jakarta tayang setiap hari Rabu pukul 11.00 WIB.. Dengan durasi atau lama penayangan sekitar 20 -25 menit. dimana dalam 1 episode terdapat ; Opening Acara, Opening Presenter dan Dialog Presenter dengan Narasumber.

Pada kesempatan yang ke dua ini kami didukung sepenuhnya oleh Kerama Suka Duka Hindu Dharma (SDHD) Banjar Ciledug dan Sekitarnya, dan lokasi shooting di Pura Dharma Sidhi Ciledug. Untuk yang pertama di dukung oleh SDHD Banjar Rempoa.

Guna dapat mengisi acara Mimbar Agama Hindu khususnya TVRI Pusat Jakarta (setiap stasiun berbeda, berdasarkan pengalaman kami ) ada hal-hal yang harus kita persiapkan hal ini kami sampaikan sebagai informasi kepada seluruh umat bagi yang berkeinginan untuk membuat atau mengisi Mimbar Agama Hindu di TVRI Pusat Jakarta khususnya di wilayah Jabodebabek, diantaranya :

Narasumber
Narasumber yang memiliki kemampuan dalam berkomunikasi, mampu mempersiapkan skrip dialog sesuai tema yang ingin dibawakan. Dengan durasi atau lama penayangan sigmen dialog sekitar 15 -20 menit sehingga membutuhkan pemadatan materi-materi yang ingin disampaikan. Pentingnya skrip dialog untuk membatasi diri saat pelaksanaan shooting atau pengambilan gambar dan audio, agar pembahasan dapat terfokus dan tidak melebar.

Tim Pendukung Acara
Tim ini merupakan pengisi bagian Opening Acara yang dapat berupa : Pembacaan Sloka, Pelantunan Pupuh yang diiringi geguntangan atau alat musik ringan seperti suling dan lain sebagainya. Durasi yang disediakan untuk sigmen ini sekitar 2 – 4 menit

Lokasi Shooting
Selama dua kali kegiatan mempersiapkan acara Mimbar Agama Hindu, kami menyediakan lokasi shooting yang harus berupa tempat ibadah Hindu, dan yang pertama kami shooting di Pura Mertasari Rempoa sedangkan yang ke dua di Pura Dharma SIdhi Ciledug.

Khusus untuk Presenter selama ini disedikan oleh TVRI dengan jumlah kru sebanyak 8-10 orang. Konsumsi selama kegiatan disediakan oleh kedua belah pihak.

Demikian hal yang dapat kami sampaikan berdasarkan pengalaman kami selama dua kali shooting Mimbar Agama Hindu bersama TVRI Pusat Jakarta. Besar harapan kami kepada semua pihak yang berkeinginan untuk mengisi program ini agar dapat mempersiapkan diri dengan baik, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita, semoga dapat memberikan yang terbaik bagi Agama, Umat, Bangsa dan Negara.

Matur Suksma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *